Beranda Regional SMKN 1 Cibatu Pamerkan Akrilik dan VOIP di Expo SMK Purwakarta

SMKN 1 Cibatu Pamerkan Akrilik dan VOIP di Expo SMK Purwakarta

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- SMK Expo se Kabupaten Purwakarta yang dilaksanakan di gedung aula UPI Purwakarta dijadikan ajang kreasi dan pameran hasil kreatifitas para siswa siswi SMK, terbukti dari beberapa stand pameran yang digelar terlihat beberapa siswa sibuk menerangkan ke masyarakat atas produk hasil ciptaan siswa siswi SMK.
“Kalau kami dari SMKN I Cibatu Purwakarta membawa hasil karya kami untuk dipamerkan dalam expo ini, seperti Lampu akrilik hias ini,”jelas Khoerudin siswa kelas XI TKJ SMKN I Cibatu didampingi teman-temannya Kamis (1/11) disela kegiatan Expo.
 
“Awalnya sekolah memberikan kita kegiatan membuat ini, lama kelamaan berkembang, bahkan pesanan pun selalau ada dan harganya tergantung dari tingkat kesulitan,”ujarnya.
 
“Bahannya dari kaca akrilik dan untuk mengukirnya menggunakan alat grafir, pesanan bebas apakah mau tulisan atau foto bisa kita buat, bisa selesai 3-4 hari kalau agak sulit, tapi kalau biasa saja 2 hari selesai, kalau pemesanan sudah banyak”paparnya.
 
“Ukuran pun tergantung ada ukuran diameter 15-30 CM dan harganya berkisar Rp 180-200 Ribu dan lampu yang bisa dinyalakan menggunakan charger dengan warna yang berfariasi,”ujarnya.
 
Berbeda dengan siswa siswi kelas XII TKJ SMKN I Cibatu para siswa klas XII ini menciptakan Prototype VOIP  menggunakan IP address yang melakukan komunikasi tanpa kuota pulsa bahkan bisa menggunakan android.
 
“Basisnya penggunaan IP Address, dari VOIP sendiri kan berarti Voice Over Internet Protocol sebuah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh, daat suara dirubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket data dan bukanlewat sirkuit analog biasa,”jelas Mulyanur siswi kela XII TKJ SMKN I Cibatu.
 
“Di play store itu ada aplikasi namanya Zoiper, itu untuk penggunaan android, selain android pun bisa misalnya melalui telepon rumah biasa, kalau dulu kita kenal seperti interkom hanya kalau VOIP ini sudah bisa digunakan berbasiskan IP Address internet,”ujarnya.
 
“Sementara ini untuk memasang jaringan VOIP di perumahan sekitar Rp 1,5 juta, itu sudah termasuk pesawat telepon dan membuka jaringan IP Address nya, kalau mau berkomunikasi tanpa pulsa ya gunakan VOIP, SMKN I Cibatu siap membantu,”terangnya.
 
Sementara Kepala Sekolah SMKN I Cibatu Purwakarta Rd Dedeh Kuraesin mengatakan SMK itu idealnya memang sekolah yang menciptakan lapangan kerja dan SDM untuk bisa bekerja.
 
“Inilah hasil kreatifitas siswa siswi kami, dan kami sangat mendukung kreatifitas mereka untuk menciptakan produk yang bisa membuka lapangan kerja nantinya,”jelas Dedeh.
 
“Dengan adanya expo ini kami berkeyakinan mata yang berada diluar sana akan melihat SMK seperti apa, seberapa besar keinginan siswa siswi untuk berkreasi dengan menciptakan hal yang bisa dijadikan sebuah kebanggaan dan bisa dimanfaatkan orang banyak, selain kedua hasil siswa siswi tadi juga ada juga menciptakan kendaraan yang menggunakan tenaga aki kedepannya bisa digunakan tenaga solar (tenaga matahari). (cr2/ris)