Beranda Karawang Update Covid-19 Karawang: Anak Muda Mayoritas ODP dan PDP, Positif Belum Bertambah

Update Covid-19 Karawang: Anak Muda Mayoritas ODP dan PDP, Positif Belum Bertambah

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana SpKK mengatakan bahwa orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di usia 20-29 tahun paling banyak mengisi daftar ODP dan PDP di Kabupaten Karawang.

Menurut Fitra, dari data dinas kesehatan Kabupaten Karawang, ada penambahan jumlah ODP dan PDP hingga Minggu, 5 April 2020. Jumlah ODP yang tercatat mencapai 1.934 dengan 726 orang telah selesai pemantauan. Sehingga masih terdapat 1.208 ODP. ‎Sementara, jumlah PDP juga bertambah. Saat ini tercatat ada 37 orang masuk dalam data PDP. “Mayoritas justru kelompok usia milenial,” kata dr. Fitra.

Banyaknya ODP dan PDP di Karawang berkat kinerja keras tim gugus tugas yang terdiri dari unsur pemerintah, TNI/Polri dan tim medis tingkat puskesmas menjemput bola dengan melakukan pendataan bagi pekerja asal luar kota yang bekerja di Karawang, maupun pekerja asal Karawang yang bekerja di luar kota. “Mereka adalah WNI,” ujar Fitra.

Namun, meski adanya penambahan jumlah ODP dan PDP, jumlah terkonfirmasi positif corona di Karawang tidak mengalami penambahan. ‎Tren nihil penambahan kasus terkonfirmasi positif ini sudah berlangsung selama tiga hari ke belakang.

“Jumlah positif corona tetap di angka 34 orang. Dan mereka semua dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Fitra menjelaskan, untuk pasien positif Covid-19 paling banyak diisi oleh pasien di usia 40-59 tahun. Hal itu menunjukkan bahwa virus Covid-19 sangat rentan menular kepada yang sudah berusia. Sehingga, Fitra berharap agar para milenial patuh atas anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing.

“Alhamdulillah kita sangat dibantu oleh TNI/Polri dan aparatur pemerintah untuk membubarkan kerumuman di Karawang,” katanya. (fzy)

Artikel sebelumnyaDampak Covid-19, Pemuda Cikarang Utara Peduli Pedagang Kecil
Artikel selanjutnyaPemakaman Jenazah Meninggal Terinfeksi COVID-19 Tidak Berbahaya Bagi Warga Sekitar