Beranda Headline Sudah Capai 1,5 Juta Penonton, Berikut Fakta Unik Film Ipar Adalah Maut

Sudah Capai 1,5 Juta Penonton, Berikut Fakta Unik Film Ipar Adalah Maut

Ipar adalah maut
Ipar Adalah Maut (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Film bioskop terbaru Ipar Adalah Maut menarik perhatian publik secara cepat semenjak tayang 13 Juni kemarin. Film bergenre drama ini mengisahkan tentang perselingkuhan antara suami dan adik iparnya. Kini, dalam 7 hari penayangan, film Ipar Adalah Maut sudah mengumpulkan lebih dari 1,5 juta penonton di bioskop.

Film yang trending di media sosial ini dinilai sukses mengacak-acak emosi penonton lewat akting pemainnya dan penggarapannya yang tampak nyata. Banyak penonton yang ikut merasa kesal dan geram usai menyaksikan film ini.

Diperankan oleh Deva Mahenra, Michelle Ziudith, dan Davina Karamoy, serta disutradarai oleh Hanung Bramantyo, simak deretan fakta menarik di balik film bioskop Ipar Adalah Maut.

Ipar adalah maut
Ipar Adalah Maut (Foto: Istimewa/net.)

Baca juga: Jin Young dan Da Hyun Tampilkan Chemistry Manis di Film Remake You Are The Apple of My Eye

Diangkat dari Kisah Nyata

Ipar Adalah Maut menceritakan kehidupan rumah tangga Nisa (Michelle Ziudith) dan Aris (Deva Mahenra) yang awalnya harmonis bersama anak perempuan mereka. Namun, kedatangan Rani (Davina Karamoy), adik kandung Nisa, untuk tinggal bersama mereka mengubah segalanya.

Sebelumnya, kreator konten Eliza mengangkat cerita perselingkuhan dari salah satu pengikutnya ini ke dalam kontennya di TikTok pada Februari 2023. Kisah nyata tersebut pun viral, hingga akhirnya menarik minat rumah produksi MD Pictures untuk diadaptasi menjadi sebuah film bioskop.

Manoj Punjabi selaku produser dan pendiri MD Pictures langsung setuju untuk membeli hak adaptasi Ipar Adalah Maut hanya dalam satu menit, dan memulai eksekusi bersama sutradara Hanung Bramantyo.

Judulnya Diambil dari Hadis

Sebelum menjadi film, judul Ipar adalah Maut ternyata ditemukan sendiri oleh Eliza yang terinspirasi dari sebuah hadis. Dari Uqbah bin Amir r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda,

“‘Janganlah kalian memasuki wanita tanpa mahram.’ Kemudian seorang dari kaum Anshar berkata, ‘Apa pendapatmu tentang ipar?’ Rasulullah menjawab, ‘Ipar adalah maut.’” (HR. Al-Bukhari no. 5232 dan Muslim no. 2172).

Hadis ini menggambarkan bahwa seorang suami perlu ekstra hati-hati jika berhubungan dengan keluarga dekat istri yang bukan mahram, contohnya ipar lawan jenis. Ketika mereka sering bertemu, terlebih karena tinggal dalam satu atap, tidak ada yang bisa menyangka bahwa hal itu bisa mengantarkan kepada zina.

Baca juga: 5 Film Horor Korea Rating Tertinggi, Seram, Kejam dan Mencekam

Tokoh Asli Beri Izin dengan Satu Syarat

Film Ipar Adalah Maut dibuat berdasarkan kejadian nyata yang dialami oleh seorang pengikut dari kreator konten Elizasifaa di TikTok. Ketika cerita tersebut ditawarkan untuk menjadi film, Elizasifaa menyerahkan segala keputusan kepada Nisa dan Aris sebagai tokoh asli dalam cerita Ipar Adalah Maut. Sebab bagaimanapun ia sadar, cerita tersebut sebenarnya adalah aib keluarga yang harus dijaga kerahasiaannya.

Setelah berdiskusi dengan keluarga besar, akhirnya Aris dan Nisa setuju kontennya diangkat menjadi film, asalkan pihak Elizasifaa dan MD Pictures benar-benar menjaga privasi keluarga mereka.

Deva Mahenra Kena Pukul Beneran

Dalam film ini, aktris Michelle Ziudith dinilai berhasil menggambarkan luapan kekecewaan, amarah, dan kesedihan dari tokoh Nisa secara realistis. Namun siapa sangka, cerita soal perselingkuhan ini membuat pemeran utama tenggelam dalam emosi yang begitu nyata, sehingga tak sengaja melempar barang berat ke lawan mainnya.

Pada salah satu adegan film, diceritakan terjadi konflik antara Aris (Deva Mahendra) dan Nisa (Michelle Ziudith), sampai Nisa menghantamkan benda-benda ke Aris. Alih-alih melempar benda ringan, Michelle Ziudith yang terbawa emosi dan suasana tanpa sengaja melemparkan buku tebal ke pipi kiri Deva Mahendra. Alhasil, pipi Deva sempat membekas merah, tapi tidak sampai lebam. (*)