Beranda Bekasi Didukung Ditjen Diktiristek, UBP Karawang Latih Pembentukan Logam untuk Bengkel UKM

Didukung Ditjen Diktiristek, UBP Karawang Latih Pembentukan Logam untuk Bengkel UKM

Ubp karawang pembentukan logam
Tim pengabdian masyarakat UBP Karawang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi metal forming (pembentukan logam) ke bengkel UKM dan masyarakat sekitar.

KARAWANG – Bengkel Isalindo Jaya Teknik, yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, menjadi tuan rumah pelaksanaan program pengabdian Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang kepada masyarakat yang fokus pada teknologi metal forming (pembentukan logam).

Tim dari UBP Karawang yang dipimpin oleh Sukarman, S.T., M.T., mewujudkan proyek ini melalui skema pendanaan Pendanaan Ditjen Diktiristek 2023. Proyek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam teknologi metal forming kepada UKM dan masyarakat sekitar.

“Tim UBP Karawang bekerja sama dengan Bengkel Isalindo Jaya Teknik untuk menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan pembimbingan langsung,” kata Sukarman dalam keterangannya, Selasa, 3 Oktober 2023.

“Program-program tersebut mencakup berbagai teknik dan metode dalam proses pembentukan logam, khususnya di bidang deep drawing dan metal stamping,” sambung dia.

Baca juga: Sederet Beasiswa UBP Karawang untuk Mahasiswa Baru, Hafiz Quran Bebas Biaya Kuliah

Menurutnya, para peserta diberikan kesempatan untuk belajar dari praktisi industri yang berpengalaman, memperoleh wawasan praktis, dan meningkatkan keterampilan dalam teknologi metal forming.

Istimewanya lagi, proyek ini mendapatkan dukungan pendanaan melalui skema pendanaan Pendanaan Ditjen Diktiristek 2023. Dana tersebut digunakan untuk melaksanakan pelatihan, menyediakan peralatan dan materi yang diperlukan, serta mendukung kegiatan pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan evaluasi proyek.

“Melalui pendanaan ini, program pengabdian kepada masyarakat ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan kepada UKM dan masyarakat sekitar,” papar dia.

Selain itu, tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memberdayakan UKM dan masyarakat dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam teknologi metal forming.

Baca juga: Mahasiswa UBP Karawang Mudahkan Pemasaran UMKM Bandeng C73 di Desa Tambaksari

“Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam bidang ini, diharapkan UKM dapat meningkatkan kualitas produk mereka, memperluas pasar, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif,” katanya.

Dekan Fakultas Teknik UBP Karawang, Ir, Ade Suhara, S.T., M.M., IPM, menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan program pengabdian masyarakat ini.

Ia mengatakan bahwa program ini mewujudkan visi universitas dalam memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan meningkatkan daya saing UKM di daerah sekitar.

“Kerjasama antara universitas dan UKM sangat penting untuk menghubungkan dunia akademik dengan kebutuhan industri dan masyarakat,” serunya.

Bengkel Isalindo Jaya Teknik juga menyambut baik kehadiran tim UBP Karawang dan apresiasi terhadap dukungan pendanaan dari skema Pendanaan Ditjen Diktiristek 2023.

Baca juga: Cara UBP Karawang Bangun Kedekatan dengan Orangtua Mahasiswa

Pemilik Bengkel Isalindo Jaya Teknik, Alizar Nurdin, mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap program pengabdian masyarakat semacam ini dapat terus berlanjut. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dan pengetahuan yang telah diberikan oleh tim dari Fakultas Teknik UBP Karawang.

“Melalui kolaborasi antara tim UBP Karawang dan Bengkel Isalindo Jaya Teknik, program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata pada pengembangan teknologi metal forming dan pemberdayaan UKM di Cikarang, Bekasi,” katanya.

“Kita harapkan juga bahwa hasil dari proyek ini akan berdampak positif dalam jangka panjang, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” tutupnya. (*)