Beranda Regional Dana BUMDes Tak Transparan, Kades: Kurang Sosialisasi

Dana BUMDes Tak Transparan, Kades: Kurang Sosialisasi

LEMAHABANG, TVBERITA.CO.ID- Rapat musyawarah yang digelar BPD dan masyarakat Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang meminta adanya peremajaan pengurus BUMDes Ciwaringin.

Selain itu, BPD dan masyarakat meminta pertanggung jawaban Dana BUMDes Tahun 2017 yang dikelola oleh Bendahara BUMDes “Budi Asih” Ciwaringin. Menanggapi keinginan BPD dan masyarakat tersebut, Kepala Desa Ciwaringin, Ocih menegaskan pihaknya siap mendengar keluhan dan aspirasi masyarakat bersama BPD.

Dengan dilaksanakannya musyawarah desa tersebut pihaknya sangat berterimakasih kepada berbagai elemen yang sudah datang menghadiri musyawarah. Dirinya juga merasa bangga karena hal itu menunjukan satu suatu bentuk kepercayaan terhadap pemerintahan desa.

“Sebenarnya perselisihan paham ini diakibatkan kurangnya sosialiasi terhadap masyarakat oleh pengurusan BUMDes Desa Ciwaringin sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk menghindari rasa cemburu dari masyarakat, Dana Bumdes Tahun 2017 yang menurut masyarakat dianggap mekanismenya amburadul. Pihaknya meminta pengurus BUMDes secepatnya memperbaiki dan menyelesaikan secara administrasi sesuai aturan yang diakui oleh dinas instansi terkait.

“Adapun pengurus BUMDes untuk kedepan guna pengembangan berbagai bidang agar lebih signifikan BPD dan masyarakat harapkan adanya peremajaan, karena menurutnya pengurus BUMDes saat ini sudah lannjut usia,” ujarnya.

Sementara menurut Bendahara BUMDes, Ahmad Tajjudin, saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya siap mundur apabila masyarakat berharap dirinya mundur dari kepengurusan BUMDes. Dirinya mengaku akan mempertanggung jawabkan segala bentuk kesalahan demi kemajuan BUMDes kedepannya.

“Tanggung jawab akan lebih dikedepankan, ketika ada masalah yang perlu diselesaikan atau kurang dimengerti,”katanya.

Sementara Kapolsek Kecamatan Lemahabang Supriatno, SH, selain menghadiri dalam rangka pengamanan pihaknya menyarankan agar permasalahan ini dapat terselesaikan. Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat tetap tertib dalam musyawarah desa tersebut.

“Musyawarah harus dilakukan dengan kepala dingin agar tidak menimbulkan permasalahan lain, seperti pelanggaran hukum lainnya yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Kecamatan Lemahabang yang diwakili oleh Sekcam H Hasan Nurdin, Staf Kecamatan, Babinsa, Staf Pemerintahan Desa serta tokoh masyarakat, dan juga pendamping Desa, tak luput tokoh pemuda karang taruna.(yay/ris)