Beranda Regional Rekomendasi Calon, PAN Diduga Pasang Tarif

Rekomendasi Calon, PAN Diduga Pasang Tarif

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Surat Keputusan (SK) rekomendasi pengusungan Anne Ratna Mustika (Ambu Anne) dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai bakal calon Bupati Purwakarta ternyata dikatakan belum final.

Pasalnya untuk mengeluarkan SK rekomendasi pengusungan harus melalui rapat pleno, baik dari tinggkat DPD, DPW hingga DPP.

“Setelah saya bertemu langsung dengan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menanyakan SK tersebut, beliau menegaskan SK yang diterima Ambu Anne belum final, karena SK tersebut tidak melalui rapat pleno,” kata Rustandie saat dihubungi melalui telepon pribadinya, Rabu (06/12).

Rustandie menceritakan dalam pertemuannya dengan Eddy pada hari, Selasa (05/12) kemarin di kantor DPP PAN di Jakarta Selatan, Eddy menerangkan surat yang disebut-sebut sebagai SK rekomendasi tersebut hanya ditandatangi satu orang. Dan lebih parahnya lagi saat penyerahan surat tersebut Sekjen DPP PAN dan Ketua Umum PAN sedang tidak ada ditempat.

“Beliau juga menjelaskan bahwa siapa pun layak dan berpeluang untuk dapat rekomendasi dari PAN. Bakal calon mesti mengikuti mekanisme dan prosedur administratif,” tutur Rustandie.

Selain itu, Rustandie mengaku ia dan salah satu bakal calon yang mendaftar di DPD PAN pernah diminta sejumlah uang oleh pihak DPD PAN Purwakarta, untuk mendanai kegiatan fit and proper test dengan nilai yang cukup besar dan dijanjikan akan mendapatkan rekomendasi.

“Dengan berjalannya waktu nilai uang yang diminta tidak sebesar permintaan awal tapi dikurangi dan sudah saya serahkan. Untuk bakal calon lain saya tidak tahu memberikan uang atau tidak silakan tanya sendiri,” ungkap Rustandie.

Sebagai penutup Rustandie menambahkan, perihal adanya permintaan uang atau mahar tersebut, dalam waktu dekat Ia bersama beberapa bakal calon yang mendaftar ke DPD PAN akan mendatangi Mahkamah Partai PAN dan Pengadilan untuk melaporkan dan menuntut hal tersebut.

Untuk diketahui, Rustandie sebagai perwakilan dari para calon Bupati yang mendaftar di DPD PAN Purwakarta dan perwakilan Ormas, mendatangi kantor DPP PAN di Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (05/12).

Kedatangan ke kantor DPP PAN tersebut terkait Surat Rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh PAN untuk mengusung Anne Ratna Mustika sebagai bakal calon Bupati Purwakarta, bahkan sebelumnya juga calon lain yang mendaftarkan diri melalui PAN juga mempertanyakan rekomendasi tersebut, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari DPD PAN Purwakarta.(trg/ris)