Beranda Headline Bupati Karawang Janjikan Dede Asiah Segera Pulang

Bupati Karawang Janjikan Dede Asiah Segera Pulang

Bupati karawang dede asiah
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

KARAWANG – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengaku terus berupaya memulangkan Dede Asiah (37), TKW yang saat ini tertahan di Suriah.

Cellca memastikan Dede Asiah akan segera pulang dalam waktu dekat.

Ia juga telah bertemu pihak keluarga Dede Asiah untuk menyampaikan bahwa Pemkab Karawang, bersama Polres Karawang dan pemerintah pusat terus berupaya atas pemulangan Dede Asiah.

“Saya berinisiatif bertemu dengan suami, ibunda Ny DA dan keluarga bersama Tim Polres, lerwakilan Kementrian Luar Negeri, Pemprov, serta sahabat-sahabat media untuk menggali informasi dan menjembatani kepulangan saudara kami kembali ke Karawang,” kata Cellica pada Selasa (9/5/2023).

Baca juga: Kuasa Hukum Apresiasi Upaya Pemkab-Polres Karawang Pulangkan Dede Asiah

Apalagi, Pemkab Karawang bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) berkomitmen menuntaskan segala bentuk pelanggaran keberangkatan pekerja ilegal keluar negeri.

Langkah koordinasi dengan Kedutaan Besar RI untuk Suriah juga diintensifkan. Termasuk dengan Pemerintah Pusat yang juga sangat merespon sangat baik dan positif.

“Saat ini Dede Asiah berhasil diamankan di KBRI Suriah, sehingga dipastikan kondisinya sehat dan baik,” kayanya.

Hanya tinggal langkah-langkah teknis dikarenakan yang bersangkutan berangkat secara Ilegal atau tanpa prosedur resmi. Sehingga memerlukan waktu sedikit lebih, berbeda dengan PMI yang berangkat secara resmi.

Baca juga: Soal Kepulangan Dede Asiah, Disnakertrans Karawang Tunggu Solusi Kemenlu dan KBRI Suriah

Kasus PMI ilegal jadi pembelajaran mahal

Cellica menambahkan, kejadian ini menjadi pembelajaran mahal, bahwa banyaknya kasus PMI Ilegal yang selama ini ditangani karena ketidaktaatan atau bahkan kesengajaan melalaikan prosedur resmi.

Yang ternyata akan menjadi persoalan di kemudian hari dan pastinya akan menghambat kepulangan mereka ke tanah air.

“Insya Allah, tak lama lagi DA (Dede Asiah) bisa kembali berkumpul bersama keluarga di tanah air,” tutupnya. (*)