Beranda Regional Balas Kebijakan Trump, China Kenalam Tarif Impor 128 Produk dari AS

Balas Kebijakan Trump, China Kenalam Tarif Impor 128 Produk dari AS

BEIJING, TVBERITA.CO.ID- China menerapkan tarif baru terhadap impor 128 produk dari AS dengan nilai 3 miliar dollar AS, Senin (2/4/2018).

Beberapa produk yang terkena tarif impor tersebut antara lain buah-buahan dan daging babi. Dikutip dari AFP, kebijakan tersebut merupakan kebijakan balasan setelah sebelumnya AS mengenakan tarif impor produk baja dan alumunium dari China, yang menyulut perang dagang.

Adapun kebijakan tarif impor diterbitkan oleh komisi tarif bea dan cukai China, setelah kedua negara selama berpekan-pekan saling menebar ancaman. Presiden AS Donald Trump berkali-kali menyoroti besarnya surplus neraca perdagangan China atas AS.

Oleh sebab itu, selama masa kampanye pilpres, Trump berjanji memangkas defisit neraca perdagangan AS terhadap China. Bulan lalu, China telah memperingatkan bahwa negara tersebut tengah mempertimbangkan pengenaan tarif impor dengan besaran 15-25 persen untuk beragam produk dari AS, termasuk wine, kacang-kacangan, hingga skrap alumunium. Kementerian Keuangan China dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari kantor berita Xinhua menyebut, tarif impor berlaku efektif hari ini.

Tarif impor tersebut merupakan respons atas pengenaan tarif impor sebesar 10 persen untuk produk alumunium dan 25 persen untuk baja.

Kebijakan tarif impor yang diberlakukan AS pun memicu kemarahan negara-negara sekutunya. Meskipun demikian, Trump untuk sementara tidak memberlakulan tarif untuk impor baja dan alumunium dari Uni Eropa.

Tarif impor pun sementara tak berlaku bagi Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Meksiko, dan Korea Selatan.

Menanggapi kebijakan tarif impor yang diberlakukan Trump, China telah menyerukan kepada AS untuk menghentikan intimidasi ekonominya dan memperingatkan bakal melakukan pembalasan.

Surat kabar di China pun mewartakan pada pekan lalu bahwa pemerintah hampir menyelesaiakan daftar tarif balasan yang dikenakan terhadap impor produk-produk dari AS.(KB)