Beranda Regional BNN Karawang Awasi Aktivitas Napi Lapas, Ini Kata Kalapas

BNN Karawang Awasi Aktivitas Napi Lapas, Ini Kata Kalapas

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Maraknya aktivitas dalam beberapa waktu lalu di sejumlah Lapas, yang dimana banyak penangkapan soal narkotika yang dikendalikan dari Lapas. 
Hal ini membuat Badan Narkotika Nasional  Karawang (BNNK)  akan mengawasi peredaran narkotika yang kemungkinan diduga dilakukan warga binaan di lembabaga pemasyarakatan (lapas) II A Karawang.
 
“Kami saat ini hanya melakukan memonitor saja kemungkinan di Lapas Karawang ini ada bandar yang mengedarkan narkotika melalui Lapas. Kami sudah kordinasi dengan pihak Lapas dan juga Polres Karawang, terkait informasi yang kami terima dari BNN propinsi. Kami akan bersinergi dengan instansi terkait terkait masalah ini,” kata Kepala BNN Karawang, M. Julian, Senin (17/9/2018).
 
Dikatakan Julian dalam beberapa kasus yang ditangani BNN diketahui jika ada pengedar yang beroperasi didalam Lapas. Saat penangkapan di wilayah Cikampek, pelaku mendapatkan narkotika yang dikendalikan dari lapas Bandung. 
 
“Kami juga melakukan monitor di Lapas Karawang kemungkinan ada pengedar yang mengendalikan dari sana,” katanya.
 
Menurut dia,  adapun modus operandi yang dilakukan pengedar dari dalam lapas menggunakan sistem tempel yaitu pengedar menghubungi konsumennya melalui hp. Setelah terjadi transaksi yang disepakati kemudian pengedar yang didalam Lapas tersebut mengganti nomer hp dengan nomer yang baru begitu seterusnya. 
 
“Setiap selesai transaksi dia langsung mengganti nomer HP. Transaksi dilakukan dengan cara si pengedar menghubungi konsumennya dan tidak bisa sebaliknya,” katanya.   
 
Sementara itu,  Kalapas Karawang,  Iskandar mengungkapkan, pihak Lapas akan berbenah agar tidak terjadi penyalahgunaan narkoba. 
 
“Lapas Karawang terus berbenah dan berkomitmen untuk tidak ada toleransi terkait penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya. (KB)