Beranda Karawang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ajak Masyarakat Gemar Membaca Lewat Kolecer

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ajak Masyarakat Gemar Membaca Lewat Kolecer

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID –  Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjalin kerjasama dengan Gerakan Karawang Bermartabat (GKB) untuk serah terima pengelolaan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di Wilayah Karawang Barat, Rabu (15/7/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Tri Warakanti menyampaikan, Kolecer ini merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk menggenjot minat baca masyarakat di luar cara konvensional.

“Karena Kolecer ini kan merupakan street library, penempatannya menyatu dengan fasilitas umum atau keramaian publik. Jadi lebih menarik untuk dilirik masyarakat,” ujarnya.

Untuk penempatannya sendiri, kata Tri, Kolecer ini telah disebar di delapan titik dengan masing-masing rak berisi 107 buku. “Saat ini sudah tersebar di antaranya di Kotabaru ada satu, Karawang Timur ada dua, Klari satu, Batujaya satu, Lapas Karawang satu, dan terakhir yang di Karawang Barat ya yang saat ini diserahterimakan pengelolaannya ke GKB,” ungkapnya.

Atas terjalinnya kerjasama pengelolaan dengan GKB ini, ia berharap seraya mengajak masyarakat, utamanya generasi muda untuk bisa lebih menggiatkan minat baca lewat perpustakaan mini Kolecer.

“Semoga dengan terjalinnya kerjasama ini, Kolecer bisa lebih dikenal masyarakat sebagai sarana akses membaca yang asyik dan santai,” ucap Tri.

Sementara itu, Harun, Sekretaris Umum GKB, mengatakan, langkahnya kali ini memang merupakan fokus pihaknya untuk membangun kebiasaan masyarakat dalam bidang literasi.

“Karena sebetulnya jarang sekali masyarakat mengakses baca tulis di perpustakaan, makanya kita bangun kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk menghidupkan program Kolecer,” jelasnya.

Senada, Ketua Umum GKB, Muhammad Nuryanto atau yang akrab disapa Kang Arab ini mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atas dipercayanya GKB mengelola Kolecer di wilayah Karawang Barat.

“Ini jadi langkah awal kita membumikan Gerakan Karawang Bermartabat untuk turut serta berkontribusi mencerdaskan masyarakat Karawang,” pungkas Kang Arab. (kie/fzy)