Beranda Karawang Dinilai Bebani APBD, Jumlah THL Karawang Bakal Dipangkas

Dinilai Bebani APBD, Jumlah THL Karawang Bakal Dipangkas

KARAWANG – Menumpuknya Tenaga Harian Lepas (THL) di Kabupaten Karawang dinilai membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Mulai tahun 2022, pemerintah bakal memangkas jumlah THL melalui seleksi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Keberadaan THL di lingkup OPD saat ini jumlahnya overload, sehingga menimbulkan potensi masalah seperti alokasi anggaran,” kata Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian ASN, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Taopik Maulana, Kamis (28/10).

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati, setiap perangkat daerah akan melakukan test uji kompetensi pada setiap pegawai non PNS sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan pada setiap Dinas.

“Rata-rata THL akan selesai di akhir tahun, dan secara otomatis mereka belum tentu diangkat kembali menjadi THL sebelum dinyatakan lolos dalam seleksi,” ujarnya.

Ditegaskannya, rekrutmen THL harus sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian dari setiap THL dalam mengisi formasi jabatan.

“Latar belakang pendidikan harus sama dengan formasi dan kualifikasi yang sedang dibutuhkan oleh setiap Dinas” pungkasnya. (kii)

Artikel sebelumnyaKNPI Karawang Dorong Pemuda Terjun ke Dunia Usaha
Artikel selanjutnyaRayakan HUT ke-2, Ini Target Gelora Karawang di 2024