Beranda Headline Dua Napi Beragama Buddha di Karawang Terima Remisi Waisak

Dua Napi Beragama Buddha di Karawang Terima Remisi Waisak

Napi karawang terima remisi waisak
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang Kanwil Kemenkumham Jabar memberikan remisi khusus Hari Raya Waisak kepada dua narapidana atau napi yang beragama Buddha. Foto: istimewa

KARAWANG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang Kanwil Kemenkumham Jabar memberikan remisi khusus Hari Raya Waisak kepada dua narapidana atau napi beragama Buddha.

Kepala Lapas Karawang, Christo Toar, mengatakan besaran remisi waisak yang didapat oleh kedua napi itu selama satu bulan 15 hari.

Baca juga: Pemkab Karawang Raih Opini WTP 9 Kali Berturut-turut, Bukti Kinerja Teliti dan Bertanggung Jawab

Kata dia, pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada napi sebagaimana diatur dalam UU RI No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor  : PAS-854.PK.05.04 Tahun 2024 Tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Waisak Tahun 2024 Dan Pengurangan Masa Pidana Remisi Khusus (RK) Waisak Tahun 2024.

“Untuk tahun 2024 ini, ada dua warga binaan Lapas Karawang menerima remisi di Hari Raya Waisak. Besaran remisi yang didapat yaitu satu bulan 15 hari. Dan ini merupakan momen yang dinantikan oleh napi yang beragama Buddha di Lapas Karawang,” ungkap Christo dalam keterangannya, dikutip Kamis (23/5).

Baca juga: Proyek Dinas Disebut Bikin Celaka, Warga Karawang Layangkan Gugatan Class Action

Remisi khusus Hari Raya Waisak diberikan kepada narapidana beragama Buddha yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, diantaranya, persyaratan telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan massa tahanan di lembaga pemasyarakatan.

“Para warga binaan yang mendapatkan remisi Waisak dengan syarat, tidak terdaftar pada register F buku catatan pelanggaran disiplin narapidana. Serta turut aktif mengikuti program program pembinaan di Lapas,” pungkasnya. (*)