Beranda Regional FEIPB Kurasi 20 Produk UMKM di Kota Bekasi

FEIPB Kurasi 20 Produk UMKM di Kota Bekasi

KOTA BEKASI,TVBERITA – Forum Export Import Patriot Bekasi (FEIPB) telah melakukan Kurasi 20 Produk UMKM Kota Bekasi. Kurasi dilakukan untuk persyaratan produk-produk yang siap Ekspor dan memasuki Pasar Retail.

FEIPB meloloskan 10 Produk UMKM Kota Bekasi untuk memasuki pasar Retail Internasional, untuk jenis Produk makanan, jenis produk UMKM yang akan dipasarakan oleh Lawson Inc. Lawson, Inc jaringan waralaba convenience store terbesar kedua di Jepang. Berkantor pusat Lawson di East Tower, Gate City Ohsaki di Ōsaki, Shinagawa, Tokyo. Seperti Rempah rempah, Kopi bubuk, Cassava, Jahe merah, Rendang, dan lain – lain.

“FEIPB saat ini juga telah melakukan kerjasama dengan mitra di luar negri dengan difasilitasi oleh Konjen RI di beberapa Negri seperti Selandia Baru, Tanzania, Rumania, Peru dan Arab Saudi,” ungkap Pembina Forum Exspore Inpor Patriot Kota Bekasi, Benny Tunggul, Jumat ( 29/01/21).

Kerjasama ini dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan Eksport Produk UMKM yang sangat dibutuhkan oleh Pasar Luar Negri. Seperti Selandia Baru yang diwakili Rumah Indonesia Selandia Baru, siap melakukan pengembangan pasar Produk UMKM Kota Bekasi.

“Dan akan membuka perwakilan Promosi Produk UMKM Kota Bekasi di Ruang Pameran produk Rumah Indonesia Selandia Baru dari Produk yang terkurasi oleh FEIPB,” jelasnya.

Saat ini FEIB disibukkan Proses Kurasi Produk UMKM Kota Bekasi bekerja sama dengan BIG Indonesia, APRINDO dan TIM Kurasi Rumah Indonesia untuk menentukan produk yang layak Ekspor.

“Kurasi juga memberikan rekomendasi mkepada UMKM untuk meningkatkan Kwalitas Kemasan, rasa  produk, kesamaan Informasi Isi dan isi produk yang di jual,” jelasnya

Izin Surat edar dan Sertifikasi halal menjadi Persyaratan utama yang dimiliki UMKM. Saat ini PEIPB melakukan Kurasi UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi serta Dinas Perdagangan dan industri Kota Bekasi yang membina UKM.

“FEIPB juga mendapatkan produk UMKM dari luar Kota Bekasi dari hasil jejaring informasi FEIPB membuka seluruh Cluster dan organisasi Pembinaan UMKM untuk dapat mengikuti Kurasi Produk dalam memenuhi syarat layak eksport,” paparnya.

Pelaku UMKM dengan membuka link Pendaftaran Kurasi di https://form.gle/zRz1eJpLZTETjzVA bagi UMKM yang siap untuk Ekspor dan mengirimkan Legalitas perusahaan f.exportimport.patriotbekasi@gmail.com

“produk-produk kurasi ini telah siap dikirimkan ke setiap negara tujuan ekspor yang telah bekerjasama dengan FEIPB. Saat ini juga FEIPB sedang mempersiapkan Pameran Produk dan Business Meeting dengan Para Buyer dari negara-negara yang ada di Kawasan Industri di Kabupaten Bekasi, yang difasilitasi Direktorat Bea Cukai Kota Bekasi,” jelas Beny.

Langkah ini dilakukan sebagai Follow FGB fasilitasi Eksport Pelaku UMKM oleh Kementrian Perdagangan RI, yang saat FGD diikuti 100 UMKM Kota Bekasi. Di tahun 2021 ini FEIPB menjadi perpanjangan Pemerintah Kota Bekasi mempromosikan Produk UMKM Kota Bekasi Go Export.

“Langkah ini dilakukan untuk memperluas pasar Produk UMKM ke luar negri karena adanya kontraksi lemahnya daya beli masyarakat karena dampak Pandemi Covid 19. Dengan adanya langkah Strategis ini UMKM Kota Bekasi dapat Naik kelas dan menjadikan Kota Bekasi Pusat Eksport Produk UMKM di Jawa Barat secara khusus,” bebernya. (ais/sha)

Artikel sebelumnyaWalikota Hadiri Peletakan Batu Pertama Proyek Revitalisasi Pasar Jati Asih
Artikel selanjutnyaSatpol PP Kota Bekasi Gelar Operasi Non Yustisi