Beranda Karawang Gali Potensi Siswa, SMK PGRI Telagasari Hadirkan Motivator Hingga Youtuber

Gali Potensi Siswa, SMK PGRI Telagasari Hadirkan Motivator Hingga Youtuber

Sebanyak 104 pelajar kelas XII SMK PGRI Telagasari mengikuti pembekalan mental lewat pelatihan bimbingan kerja dan pelatihan karakter yang digelar di aula SMK PGRI Telagasari, Karawang, Jawa Barat, Senin siang (3/5).

“Pelatihan tersebut melibatkan 80 peserta meliputi semua kelas, sedang 24 lainnya diambil dari kelas khusus TPL untuk pemagangan pengelasan. Jadi total 104 peserta,” sebut guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMK PGRI Telagasari, Kiki Indra Putri, S.Pd.

Ia mengatakan, output kegiatan selama 6 hari dengan model dua shift ini, mengacu pada dua hal, yakni pembinaan karakter serta kesiapan lulusan menghadapi dunia kerja.

“Kita ingin agar anak-anak sebelum lulus nantinya mengetahui dulu tujuan hidup mereka apa, sejauh mana menggali potensi dirinya sendiri, serta pengarahan karakter sopan santun maupun kedisiplinan dalam bermasyarakat.”

“Kemudian juga kita beri gambaran khusus terkait apa saja yang mesti dipersiapkan menghadapi dunia kerja sesuai kompetensi masing-masing. Sebab, kita ingin para lulusan ini mengantongi pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni,” ulasnya.

Di samping itu, lanjut Kiki, sederet pemateri yang dihadirkan pun tak melulu soal pelaku dunia industri, beberapa di antaranya ada content creator, copy writer, bahkan youtuber.

“Selain bimbingan dunia kerja, kita juga fasilitasi siswa yang punya minat dan bakat di bidang konten kreatif, makanya kita hadirkan copy writer hingga youtuber, agar para siswa bisa memahami bagaimana proses memulai konten-konten kreatif yang menarik dan terarah,” sambung dia.

Lebih jauh Kiki berharap, ke depannya, ketika para siswa ini sudah lulus, mereka bisa punya banyak tujuan, tidak hanya ke dunia perusahaan. “Kita harapkan bisa lebih kreatif lagi. Misalkan di perusahaan tidak diterima, mereka tetap punya tujuan yang lain untuk menyalurkan kemampuannya,” imbuhnya. (kie)

Artikel sebelumnyaWalkot Bekasi dan Dinkes Melihat Kesiapan Pembukaan Puskesmas
Artikel selanjutnyaBangkitkan Ekonomi, Wabup Karawang Ajak Dunia Industri Beli Parsel ProdukĀ  UMKMĀ