Beranda Headline Kunjungi Klenteng, GUSDURian Karawang Kisahkan Jejak Gus Dur dalam Perayaan Imlek di...

Kunjungi Klenteng, GUSDURian Karawang Kisahkan Jejak Gus Dur dalam Perayaan Imlek di Indonesia

Gusdurian karawang rayakan imlek
GUSDURian Karawang ketika mengunjungi Klenteng Bio Kwan Seng Tee Kun pada Sabtu (21/01) malam.

KARAWANG – Dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2023, GUSDURian Karawang mengunjungi Klenteng Bio Kwan Seng Tee Kun pada Sabtu (21/01) malam.

“Alhamdulillah, kami mengunjungi Klenteng untuk bersilaturahmi bersama umat Khonghucu dan saudara-saudara etnis Tionghoa serta mengucapkan Selamat Imlek,” ucap Koordinator GUSDURian, Rohiman.

Dalam momentum Imlek 2574 Kongzili, pemuda yang akrab disapa Kang Iman ini mengajak umat Khonghucu untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Terima kasih atas sambutan hangatnya dari saudara-saudaraku. Mari kita jaga komitmen kerukunan antarumat beragama. Kita kampanyekan terus toleransi dan pluralisme di Karawang,” ajaknya.

Baca juga: Di Konfercab NU, Gusdurian Karawang Minta Semua Pihak Kedepankan Nilai Gusdur

Ia juga menceritakan bagaimana sejarah imlek bisa dirayakan secara bebas di Indonesia oleh Presiden ke-4 Republik Indonesia (RI), KH. Abdurrahman Wahid.

“Gus Dur mencabut Inpres Nomor 14 Tahun 1967 dan menerbitkan Keppres Nomor 6 Tahun 2000. Keppres ini menjadi awal bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia mendapatkan kebebasan untuk menganut agama, kepercayaan, serta adat istiadat mereka, termasuk imlek secara terbuka,” jelasnya.

Kang Iman juga berharap hubungan baik antarumat beragama ini dapat terus terjaga.

“Semoga kerukunan ini terus terjaga, ya. Dalam rangka menjaga ukhuwwah wathoniyyah,” tandasnya. (*)