Beranda Karawang Lewat Fitur Baru, Layanan Edukcapil Karawang Siapkan Doorprize untuk Masyarakat

Lewat Fitur Baru, Layanan Edukcapil Karawang Siapkan Doorprize untuk Masyarakat

Fitur baru edukcapil karawang
Subkor Data Disdukcapil Karawang, Torich Haerachman.

KARAWANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang segera hadirkan fitur baru untuk pelayanan online edukcapil new generation.

Edukcapil new generation sendiri telah di-launching pada 14 September 2020. Kemudian mengalami pembaharuan dan dilaunching kembali pada 14 September 2023.

Subkor Data Disdukcapil Karawang, Torich Haerachman menyebutkan, di tahun 2024 ini edukcapil new generation ditargetkan ada penambahan fitur. Selain itu, telah ada pembaharuan yang ditujukan untuk lebih mempermudah masyarakat.

Baca juga: Bilik Suara Pemilu 2024 Sudah Diterima Setiap Kecamatan di Karawang

“Fitur yang sudah itu, itu fitur doorprize, jadi di tahun 2024 ini kita per 2 atau 3 bulan sekali akan undi si pemilik akun edukcapil. Nanti yang muncul kita hubungi untuk mendapatkan hadiah,” ujarnya pada Senin, 22 Januari 2024.

“Terus pembaharuannya itu, dulu pengakses harus login dulu. Sekarang udah diubah, gak harus login. Kita open untuk masyarakat liat-liat persyaratan, pas mau ngajuin baru diarahkan untuk login,” tambahnya.

Kemudian pada pertengahan tahun 2024 edukcapil new generation juga akan diintegrasikan dengan beberapa Rumah Sakit yang ada di Karawang.

Baca juga: Bermimpi Jadi Penulis, Mahasiswi di Karawang Sukses Terbitkan 3 Buku dalam 3 Semester

Tujuannya untuk makin mempermudah masyarakat dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Selama ini alhamdulilah udah 34 RS klinik yang kerjasama dengan kita untuk KK dan KIA. Awalnya hanya melalui wa, itu akan diintegrasikan ke edukcapil,” paparnya.

Kepada masyarakat Karawang ia menginformasikan, pengurusan adminduk tidak hanya terpusat di kantor dinas, melainkan bisa melalui kecamatan dan juga via daring (online).

Baca juga: Kecewa Jadi Korban Keracunan Terus, Warga Geruduk Pabrik PT Pindo Deli 2 Karawang

Oleh karenanya, Torich menerangkan bahwa pelayanan online edukcapil new generation bisa diakses oleh setiap warga Karawang dimanapun dan kapanpun.

“Bagi warga Karawang yang belum tahu, layanan edukcapil ini bisa diakses apabila anda tidak memiliki waktu luang. Tidak ngantri karena kalo di dinas perhari aja gak kurang dari 250. Proses pengurusan secepatnya paling lambat 2 hari,” pungkasnya.

Untuk mengakses, masyarakat bisa kunjungi https://edukcapil.karawangkab.go.id. (*)