Beranda Regional Pesan Penting Soal Dunia Teater dalam Orasi Budaya Putu Wijaya

Pesan Penting Soal Dunia Teater dalam Orasi Budaya Putu Wijaya

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sastrawan Nasional, Putu Wijaya hadir dalam acara Penganugrahan Festival Teater Pelajar Karawang (FTK) 2019 di Swissbellin Hotel, Minggu (22/9/2019) kemarin. Dalam kesempatan itu, Eyang Putu Wijaya, begitu sapaan akrabnya, menyampaikan orasi budaya di depan ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Lelaki berusia 74 tahun yang tahun lalu diberikan penghargaan oleh Presiden Jokowi ini mengatakan, kesenian itu tempat yang sangat memerlukan perhatian, karena ada banyak generasi muda yang terlibat disana untuk menumpahkan segala daya pikiran, imajinasi, kreativitas dan tenaganya.

“Kepedulian kepada seni teater dari jajaran pemerintahan itu sangat penting. Penting sekali malah. Saya pernah meminta salah satu mantan gubernur untuk sudi datang melihat proses latihan dan pementasan teater di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Beliaupun mewujudkan permintaan saya. Betapa bahagianya saya dan rekan rekan teater lainnya ada pejabat yang mau menengok proses kita,” ungkap Putu dengan suara paraunya.

Putu juga menekankan generasi muda untuk serius menggeluti teater, karena pembelajaran teater mengajarkan kepada manusia untuk peduli terhadap lingkungan sosial dan memiliki hati yang penuh belas kasih.

“Mengapa kita harus mempelajari teater? Sedangkan teater kan berpura-pura? Teater tidak pernah mengajarkan untuk berpura-pura. Teater bukan mencopy-paste kenyataan, namun merefleksikan sesuatu yang terjadi secara nyata. Jangan pernah merasa sia-sia karena teater telah mengajarkan kita terjun ke lingkungan sosial.

“Anak teater itu teguh pada pendirian. Anak teater mampu menebak karakter seseorang. Jangan pernah berhenti berteater, yakinlah teater tidak pernah mengajarkan kita kebohongan, tidak pernah mengajarkan kita untuk berpura-pura dan tidak pernah menjadikan kita bodoh,”ucapnya berapi-api. (cr2/dhi)

Komentar Facebook