Beranda Regional Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

Polres Cianjur Antisipasi Penyebaran Isu Hoax dan SARA

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID- Maraknya informasi bohong (Hoax, red) di tengah masyarakat yang beredar melalui media sosial atau dari mulut ke mulut mendapat perhatian serius dari jajaran Polres Cianjur.

Untuk menekan dan mengantisipasi kondisi itu, Polres Cianjur gencarkan komunikasi dan koordinasi dengan elemen masyarakat, seperti tokoh agama, dan masyarakat.

Kapolres Cianjur Soliyah, SIK, MH mengatakan, merebaknya informasi bohong atau hoax terkait isu suku, agama, ras, dan antargolongan (Sara) dalam beberapa waktu terakhir dinilai telah meresahkan masyarakat.

Sebab itu, jelas Soliyah, untuk mengantisipasi terus merebaknya isu itu, khususnya di wilayah hukum Polres Cianjur pihaknya rutin melakukan pertemuan atau silaturahmi dengan para tokoh agama, dan masyarakat di Kabupaten Cianjur.

“Kami intensifkan komunikasi dan silaturahmi dengan para tokoh agama, dan masyarakat di setiap wilayah agar isu atau informasi bohong yang beredar ditengah masyarakat dapat diminimalisir dan tidak meresahkan masyarakat,” jelas Soliyah, saat ditemui wartwan, usai bersilaturahmi dengan tokoh agama, dan masyarakat Kecamatan Cikalongkulon, Selasa (20/2/2018).

Soliyah mengajak, masyarakat agar terlibat langsung dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan lingkungan, terutama menjelang pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar serentak dalam beberapa waktu mendatang.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan berbagai informasi atau isu yang dapat memperkeruh situasi dan kondisi keamanan, dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat,” katanya.

Selain itu, Soliyah juga meminta masyarakat untuk tidak ragu melaporkan setiap menemukan atau mendapati potensi-potensi yang dapat mengganggu situasi dan kondisi keamanan lingkungan. “Segera laporkan kepada petugas, kami akan segera tindaklanjuti agar masyarakat tetap aman dan nyaman,” ucapnya.

Soliyah menambahkan, jajaranya meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan deteksi dini dengan memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas yang ada di setiap lingkungan masyarakat. “Berbagai upaya kami lakukan untuk memberikan rasa aman, damai, dan nyaman bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Iwan Ahmad Musobad, seorang tokoh masyarakat Kecamatan Cikalongkulon, mengajak masyarakat agar lebih bijak dan tidak mudah percaya dalam menyikapi setiap isu yang beredar ditengah masyarakat.“Mari bersama menjaga situasi dan kondisi wilayah Cianjur untuk tetap aman, dan damai. Sebab, isu atau informasi bohong yang disebar oleh orang-orang tak bertanggungjawab itu hanya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Iwan. (KB)