Beranda Regional Rayakan HUT ke-72, BNI Ajak Warga Karawang Ikuti Padat Karya Tunai

Rayakan HUT ke-72, BNI Ajak Warga Karawang Ikuti Padat Karya Tunai

KARAWANG,  TVBERITA.CO.ID- Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengajak warga di berbagai kota untuk mengikuti Program Padat Karya Tunai (PKT). Program ini tidak hanya dapat menambah penghasilan warga, melainkan juga menjadi cara untuk memperbaiki berbagai infrastruktur penting warga.
 
Program yang melibatkan ratusan warga disetiap titik aktivitasnya ini diharapkan mampu menularkan semangat perayaan HUT Ke-72 BNI yang jatuh pada 5 Juli 2018.
 
Salah satu pelaksanaan Program PKT terbaru yang sedang dilaksanakan BNI bekerjasama dengan masyarakat adalah Program PKT di Desa Kalibuaya Kec.Telagasari Kabupaten Karawang, 
Jawa Barat, Rabu (4 Juli 2018).
 
Kali ini, sekitar 300 warga yang ikut serta memanfaatkan Program PKT ini. Hadir pada acara di Karawang ini CEO BNI Wilayah Jakarta – Kemayoran, Feri Andajaya yang didampingi Dien Aryatantri, Pemimpin Cabang Karawang. Kegiatan PKT di Karawang ini dilakukan dalam bentuk pengerasan jalan dan perbaikan PKT merupakan salah satu upaya pemberdayaan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat yang diprakarsai Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia.
 
Program ini menghimpun dan memokuskan aktivitas bina lingkungan dari berbagai BUMN untuk memobilisasi budaya gotong royong yang sudah tertanam di dalam masyarakat pedesaan dan memanfaatkannya untuk membangun atau merenovasi sarana serta prasarana publik penting.
 
CEO BNI Wilayah Jakarta – Kemayoran Feri Andajaya menuturkan, program padat karya tunai ini diprioritaskan sebagai sasaran program untuk mengurangi tingkat pengangguran.
 
“Melalui program PKT, penduduk yang belum memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan diharapkan ikut ambil bagian.
 
Adapun proyek-proyek yang dapat dikerjakan dengan memanfaatkan Program PKT ini memiliki kriteria dalam setiap pelaksanaannya, maksimal 5 kegiatan di satu lokasi, seperti jalan desa, embung, jembatan, Pondok Bersalin Desa (Polindes), fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan pembangunan pasar desa,” ungkapnya.
 
Pada awalnya, Program PKT ini dinamakan Cash for Work, namun atas masukan Presiden RI Joko Widodo pada saat Kunjungan Kerja ke Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur pada awal Maret 2018 lalu, namanya berubah menjadi Program PKT. Pada saat itu, Presiden meninjau Perkembangan Program Perhutanan Sosial, dimana pada pelaksanaannya disisipkan proyek Padat Karya Tunai berupa pengerasan jalan sejauh 1,1 km di lokasi acara. Pada Program PKT 
di Desa Ngimbang ini, BNI bekerjasama dengan BUMN lainnya yang juga turut bermaksud mengembangkan perekonomian masyarakat di Tuban, yaitu Perhutani, Bulog, dan PTPN.
 
Dengan adanya program ini, BNI berharap dapat memberikan lapangan pekerjaan di Desa Kalibuaya. Sehingga diharapkan masyarakat setempat dapat memperoleh penghasilan maupun 
peningkatan pendapatan (income generating avtivities) tanpa sepenuhnya menggantikan pekerjaan yang lama, selain dari pada hal tersebut, BNI juga memberikan bantuan berupa material yang dibutuhkan guna menunjang kegiatan PKT tersebut. Dimana hal ini merupakan rangkaian dari kegiatan CSR (Corporate Social Resposibility) yang dilakukan oleh BNI. (ars/ris)