Beranda Ekonomi Pemerintah Mulai Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Awal November, Telan Anggaran Rp 347...

Pemerintah Mulai Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Awal November, Telan Anggaran Rp 347 M

Pemerintah bagi-bagi rice cooker gratis mulai awal november
Pemerintah mulai bagi-bagi rice cooker gratis mulai awal November 2023. (Foto: istimewa)

JAKARTA – Pemerintah berencana mulai bagi-bagi rice cooker gratis kepada masyarakat pada awal November 2023. Pembagian rice cooker ini menelan anggaran sebesar Rp 347,5 miliar.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, tercatat ada 500.000 rice cooker gratis yang dibagikan untuk masyarakat.

Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan anggaran untuk bagi-bagi rice cooker gratis awal November ini sebesar Rp 347,5 miliar.

Baca juga: Ada 6 Proyek Strategis Nasional Dihentikan Pemerintah, Mana Saja?

Payung hukum terkait kebijakan ini pun sudah diterbitkan yakni Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Selain itu, dari pihak industri juga sudah dipastikan mampu untuk menyiapkan 500.000 rice cooker selama sisa tahun ini, sehingga tinggal menunggu tahap realisasi pembagian rice cooker.

“Mungkin awal November sudah ya, awal November sudah mulai di distribusi,” ujar Dadan di Jakarta, melansir dari Kompas.com pada Senin, 16 Oktober 2023.

Ia menuturkan, pembagian rice cooker ini pada dasarnya untuk menggeser ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, serta menekan penggunaan elpiji yang saat ini masih impor.

Berdasarkan penghitungan Kementerian ESDM, kebijakan pembagian rice cooker berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 giga watt hour (GWh) setara dengan kapasitas pembangkitan 20 megawatt (MW).

Program ini juga berpotensi menghemat elpiji sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3 kilogram (kg). Dengan demikian, diyakini mampu menekan impor elpiji.

Menurut Dadan, untuk calon penerima rice cooker gratis, pemerintah telah mengantongi data berupa nama beserta alamatnya. Soal merek rice cooker yang akan dibagian, ia menyebut ada banyak produsen yang bisa menjadi pemasok.

Hanya saja, Kementerian ESDM memastikan akan membagikan rice cooker yang memang merupakan produk buatan dalam negeri. (*)

Artikel sebelumnyaSuami Dipanggil KPK, Zaskia Gotik Jual Rumah di Cikarang, Harganya Bikin Terheran-heran
Artikel selanjutnyaSungai Cibeet Karawang Menghitam dan Bau Menyengat, Warga: Tiap Malam Bikin Sesak Napas