Beranda News Penguatan AKM, 40 Kepsek SMP Komisariat Telukjambe Ikuti Bimtek

Penguatan AKM, 40 Kepsek SMP Komisariat Telukjambe Ikuti Bimtek

TVBERITA.CO.ID – Sebanyak 40 Kepala Sekolah (kepsek) SMP negeri maupun swasta se-Komisariat Telukjambe mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Khusus bagi Kepsek di SMPN 2 Telukjambe Timur, Rabu (9/9/2020) pagi.

Ketua Komisariat Telukjambe, Drs. H. Suryono mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyiapkan pembelajaran Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) di tahun 2021.

“Materi yang disampaikan diantaranya soal penyusunan RKHS, penyusunan program kerja kepsek dan pembuatan RPP Daring,” ungkap Suryono saat diwawancarai.

Dijelaskan Suryono, AKM dan survei karakter terdiri dari soal-soal yang mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

” Kepsek akan diperkenalkan bentuk soal AKM sebagai gambaran bagaimana mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melakukan penilaian dengan bentuk soal AKM,” jelasnya.

Ia berharap Kepsek dapat meningkatkan penguasaan kompetensi AKM di masa pandemi yang sementara ini menggunakan pembelajaran sistem daring.

“Meski pembelajaran saat ini gunakan sistem daring, semua perangkat pembelajaran daring tetap harus ada, yaitu yang utama adalah bukti fisik,” katanya.

Dalam bimtek tersebut, MKKS mengundang para pemateri yang merupakan para pengawas diantaranya, Hj. Imas, Raden Darajat dan Rukmana M.Pd. (nji/fzy)