Beranda Regional 3.090 Personel Gabungan Siap Amankan Pilgub Jabar di Karawang

3.090 Personel Gabungan Siap Amankan Pilgub Jabar di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polri, TNI, Satpol PP dan Linmas mengerahkan belasan 3.090 personel untuk mengamankan Pilkada di Karawang. Pesta demokrasi Pilgub Jabar tersebut diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Dalam pengamanan ini dari Polres kita menyiapkan 720 personil. Lalu dari TNI sekitar 400, kemudian ditambah Satpol PP dan Linmas. Lalu seluruh total personil gabungan pengamanan Pilkada ini mencapai 3.090 petugas,” ujar Kepala Polres Karawang, AKBP Slamet Waloya usai apel pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, Senin (25/6).

Lanjut Waloya, sistem pengamanan Pilkada nanti yang akan dilakukan yakni 1:5:10. “Jadi pengamanan yakni satu petugas Polri/TNI banding lima linmas, banding sepuluh TPS,” ungkapnya.

Waloya mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya belum menemukan potensi-potensi gangguan kantibmas yang bisa mengganggu proses pelaksanaan Pilkada.

“Belum ada setelah kita melakukan pemetaan. Namun kami tetap waspada untuk siap menghalau gangguan-gangguan keamanan Pilkada,” katanya.

Lanjut Slamet, memang ada beberapa TPS yang perlu perhatian khusus. Ini terkait geografis. Jangan sampai ada surat suara tercecer hingga dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggungjawab. Karena ada lokasi TPS di wilayah hukum Kabupaten Karawang yang hanya bisa dijangkau motor trail. Pihaknya telah memerintahkan seluruh polsek di wilayah tugasnya untuk tetap aktif membangun komunikasi dengan para tokoh politik, masyarakat, hingga tokoh agama.

Waloya menjelaskan seluruh personil gabungan sudah disiagakan mulai hari ini,mengingat seluruh TPS akan dibuat pada hari ini. “Kami sudah geser seluruhnya ke semua TPS,” pungkasnya.(KB)