Beranda Regional Pemdes Baturaden Bangun Jaling dari Dana Desa

Pemdes Baturaden Bangun Jaling dari Dana Desa

BATUJAYA, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Desa Baturaden, Kecamatan Batujaya Karawang merealisasikan Dana Desa (DD) tahap 1 dengan membangun ratusan meter jalan lingkungan di lokasi Dusun Rengasjaya RT 01/01 Desa Baturaden.

Menurut pelaksana pembangunan, sekaligus Kasi Trantib Desa Baturaden, Kampung, pembangunan tersebut dimaksudkan untuk memperlancar akses jalan warga kedalam dusun, karena selama ini memang jalan-jalan tersebut sudah rusak parah. Jalan lingkungan yang dibangun tersebut memiliki lebar 2,5 meter dengan ketebalan 15 cm dan panjang 386 meter.

“Dengan pagu anggaran yang ada kami bekerjasama dengan Dinas PUPR untuk menentukan berapa meter jalan yang dapat kita bangun, dan hasilnya kami realisasikan untuk membangun jalan desa ini,” terang Jamung, Kamis (23/08)

Dalam pengerjaannya menurut Jamung, dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar terutama dalam penggunaan tenaga kerjanya. Sesuai tujuan utama dari digelontorkan nya dana desa kepada masing-masing desa. Dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Pastinya dalam pengerjaannya kepala desa memberdayakan masyarakat setempat pak,” imbuhnya.

Sementara menurut Kepala Desa Baturaden, H Nimun, dengan adanya pembangunan jalan lingkungan tersebut menurutnya lingkungan desa akan semakin asri, karena selama ini jalan-jalan lingkungan yang ada di desanya mayoritas belum pernah dilakukan pengecoran. Sehingga apabila musim hujan datang pasti jalan-jalan tersebut becek dan susah dilalui.
“Kalau jalannya becek dan susah dilalui pastinya perekonomian warga terganggu, dengan adanya pembangunan ini kami harap masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan yang dilakukan oleh desa kami,” terangnya.

Nimun berharap dengan adanya pembangunan jalan desa tersebut, aktifitas perekonomian warga yang mayoritas berdagang dan bertani tersebut menjadi lebih meningkat. Selain itu dengan akses jalan yang bagus otomatis rumah atau tanah yang dilalui jalan tersebut harganya menjadi meningkat dari harga awal. Adapun kewajiban warga dengan dibangunnya jalan tersebut adalah merawat jalan supaya awet dan tidak cepat rusak.
“Kalau jalan sudah bagus harapan kita NJOP tanah menjadi meningkat dan penghasilan pemerintah khususnya desa akan meningkat pula dari sektor pajak,” imbuhnya.

Ditambahkan Jamung, dengan dibangunnya jalan tersebut warga merasa senang karena akses jalan dilingkungannya menjadi bagus dan mudah untuk dilalui. Dan hal tersebut menurutnya dapat memperlancar aktifitas ekonomi warga sekitar.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah karena jalan ke lingkungan kami banyak dibangun dan menjadi bagus sehingga mudah dilalui,” pungkasnya.(yay)